Skema Power Supply Receiver Parabola & Cara Memperbaiki Receiver Matrix Lemah Sinyal

Berbagi Itu Indah!

Receiver parabola adalah alat yang berfungsi mengolah sinyal digital dari satelit tertentu, yang diterima oleh antena parabola. Salah satu komponen yang ada pada receiver parabola adalah power supply, lalu bagaimana skema power supply receiver parabola?

Skema Power Supply Receiver Parabola

Secara umum, power supply merupakan komponen yang berfungsi memasok atau menyalurkan daya dari sumber listrik, ke komponen-komponen lainnya. Dilihat dari fungsi tersebut, tentu power supply pada receiver parabola memiliki fungsi yang sangat penting.

Baca Juga : Kelebihan Receiver Nusantara HD

Bagaimana Skema Power Supply Receiver Parabola?

Skema power supply para receiver parabola biasanya digunakan oleh teknisi sebagai panduan atau pedoman untuk melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan pada receiver parabola. Berikut adalah gambar skema power supply yang biasanya terdapat pada receiver parabola.

Skema Power Supply Receiver Parabola

Dari skema di atas, anda bisa melihat bagaimana chip-chip pada power supply berada pada miniboard yang menghubungkan satu unit dengan lainnya. Semua komponen kecil ini memiliki fungsi pada kinerja power supply.

Artikel Terkait :

Apa Saja Masalah Pada Receiver Parabola?

Selain kerusakan pada komponennya, receiver parabola juga kerap mengalami masalah, seperti tidak bisa menangkap sinyal yang dipancarkan oleh satelit. Hal tersebut bisa saja disebabkan karena adanya kerusakan pada komponen parabola, ataupun teknik pemasangan yang salah.

Untuk mengatasinya, anda harus bisa mendiagnosis terlebih dahulu penyebab dari masalah receiver tersebut. Berikut beberapa masalah pada receiver parabola dan cara mengatasinya.

1. Receiver Lemah Sinyal

Masalah ini biasanya disebabkan karena receiver hanya bisa menangkap satu sinyal satelit saja. Kondisi ini bisa saja terjadi karena adanya kerusakan pada switch, dan kesalahan program pada receiver, ketika hanya menggunakan LNB 22K.

Cara mengatasinya, jika anda tidak tahu komponen apa yang dipakai parabola, antara switch dan 22K. Maka biarkan saja 22K tetap hidup, lalu anda coba aktifkan switch/dseg.

Jika sudah terlanjur mengotak-atik program para instalasi receiver antena. Maka lebih baik anda kembalikan ke default atau setelah pabrik saja. Setelah itu coba lakukan pengaturan untuk menyamakan instalasi parabola dengan instalasi receivernya.

2. Receiver Standby

Salah satu penyebabnya adalah elco pada bagian power supply melembung. Elco sendiri merupakan komponen yang berfungsi memfilter tegangan 3,3volt bernilai 1000uf, dan ketika melembung maka solusinya hanya lepas dan ganti dengan elco baru.

Setelah memasang yang baru, pastikan voltasenya normal atau upnormal dengan posisi AC tidak dihubungkan dengan MPG untuk menghindari over tegangan. Anda bisa mengukur dulu voltasenya sebelum menghidupkan power supply kembali.

3. Sinyal Parabola Hilang Semua

Bagaimana cara memperbaiki receiver Matrix yang sinyalnya hilang semua? Maka langkah paling awal adalah lakukan pengecekan pada kabel, konektor, dan program receiver. Jika terjadi kerusakan pada kabel, biasanya ditandai dengan indikator sinyal 0%.

Selain pada perkabelan, anda juga bisa mengecek komponen konektor dan LNB. Karena kerap mengalami korosi yang diakibatkan oleh air hujan yang masuk pada soket konektor, sehingga inti tembaga dan ground bisa saja mengalami korosi.

Anda juga bisa mengecek bagian switch dseg maupun LNB, jika switch mati maka segera ganti dengan yang baru. Penyebab lainnya, bisa disebabkan karena kesalahan program receiver, lebih baik restart saja ke setelan pabrik atau default program.

Ketahui :

Selain memahami skema power supply receiver parabola, untuk mengatasi permasalahan pada komponen receiver. Di atas juga sudah dijelaskan masalah-masalah lain pada komponen parabola, dan cara untuk mengatasinya, selamat mencoba.

Leave a Comment