Rangkaian Pembagi Output Audio Menjadi Satu

Berbagi Itu Indah!

Cara untuk membagi output menjadi 3 atau lebih dapat Anda lakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan rangkaian pembagi output audio. Rangkaian pembagi ini dapat Anda buat sendiri dengan menggunakan IC Opamp TL074 ataupun komponen lainnya. Namun, untuk memudahkan Anda, Anda dapat membeli rangkaian pembagi output di pasaran.

Rangkaian Pembagi Output Audio
Rangkaian Pembagi Output Audio

Baca Dulu : Skema Input Balance Sederhana

Rangkaian Pembagi Output Audio

Salah satu yang disarankan untuk Anda adalah kit master. Master ini adalah rangkaian jadi yang siap untuk langsung Anda gunakan. Master ini memiliki fungsi untuk menguatkan sinyal dan juga membagi sinyal. Kit Master biasanya juga digunakan pada mixer.

Namun, kali ini kita akan menggunakan kit master sebagai pembagi output audio. Kunci dari keberhasilan pembagian output audio ini adalah resistor pembaginya. Pada kit master ada satu potensio yang memiliki fungsi untuk mengaduh besar kecilnya volume suara, potensio ini dapat digunakan sebagai pengatur setiap output secara terpisah sehingga antara satu output dengan output yang lain tidak saling mempengaruhi.

Anda dapat menentukan sendiri-sendiri nilai resistor pembaginya dengan cara mengubah resistor yang memiliki nilai 100k menjadi resistor dengan nilai kurang dari atau lebih dari 100K. Jika Anda merasa penggunaan resistor bernilai 100K memiliki suara yang terlalu kecil, Anda dapat , menggantinya dengan resistor yang memiliki nilai lebih kecil, beberapa pilihan nilai resistor yang dapat Anda pilih adalah sebagai berikut

  • Resistor dengan nilai 82K
  • Resistor dengan nilai 56K
  • Resistor dengan nilai 47K
  • Resistor dengan nilai 33K
  • Resistor dengan nilai 22K
  • Resistor dengan nilai 10K

Namun sebaliknya, jika Anda merasa bahwa resistor dengan nilai 100K memiliki hasil suara yang terlalu keras, Anda dapat menggantinya dengan resistor yang memiliki nilai lebih besar. Di bawah ini adalah referensi nilai resistor yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan

  • Resistor dengan nilai 120K
  • Resistor dengan nilai 150K
  • Resistor dengan nilai 220K
  • Resistor dengan nilai 330K

Anda dapat menentukan besar kecilnya nilai resistor sesuai dengan selera Anda. Selain itu, Anda juga dapat melakukan modifikasi pada kit master dengan cara mengurangi nilai resistor gain ataupun menambah nilai resistor input.

Artikel Terkait :

Cara Menggabungkan 2 Input Audio Menjadi Satu

Cara Menggabungkan 2 Input Audio Menjadi Satu
Cara Menggabungkan 2 Input Audio Menjadi Satu

Penggabungan dua input audio menjadi satu akan menghasilkan suara yang saling mengganggu satu sama lain jika tidak dilakukan dengan benar. Hal ini dikarenakan adanya distorsi akibat penggabungan kedua input tersebut.

Cara yang dapat Anda lakukan agar penggabungan kedua input tersebut tidak saling mengganggu satu sama lain bahkan dengan adanya 3 input adalah dengan menggunakan mixer audio. Adapun komponen rangkaian mixer audio yang dapat Anda gunakan adalah sebagai berikut

  • Resistor dengan nilai 10K sebanyak 6 buah
  • Resistor dengan nilai 100K sebanyak 2 buah
  • Potensiometer atau Variabel Resistor (VR) dengan nilai 50K mono sebanyak 1 buah
  • Potensiometer atau Variabel Resistor (VR) dengan nilai 50K stereo sebanyak 2 buah
  • IC 4558 sebanyak 1 buah

1 Input Untuk 2 Amplifier

1 input untuk 2 amplifier bisa Anda dapatkan dengan cara membeli komponen di marketplace. Saat ini berbagai komponen terkait amplifier, rangkaian pembagi output, resistor, kapasitor, dan berbagai komponen audio lainnya bisa Anda dapatkan dengan mudah di marketplace. Namun, sebelum membeli pastikan Anda telah memilih komponen yang tepat dan komponen tersebut dalam keadaan baik atau tidak cacat.

Ketahui :

Demikian informasi mengenai rangkaian pembagi output, semoga informasi yang kami berikan di atas dapat membantu Anda dalam membagi output audio dan juga menggabungkan beberapa input audio hingga Anda mendapatkan hasil audio yang sesuai dengan keinginan Anda. Selamat mencoba!

Leave a Comment