Persamaan Data Pin FBT JF 32601

Berbagi Itu Indah!

Persamaan FBT JF 32601 selalu menjadi informasi yang penting untuk diketahui, terutama bagi teknisi service. Flyback sendiri merupakan salah satu komponen yang berperan dalam menghidupkan layar televisi atau monitor.

Persamaan FBT JF 32601
Persamaan FBT JF 32601

Flyback biasanya terpasang pada blok output horizontal untuk menyearahkan tegangan tinggi yang berasal dari trafo. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap terkait persamaan FBT JF 0501 32601, simak pembahasan berikut.

Baca Dulu : Persamaan Flyback BSC25 0232K

Persamaan FBT JF 32601 dan Cara Kerjanya

Perlu dipahami, flyback adalah komponen transformator yang ada pada televisi atau monitor dimana memiliki fungsi untuk menghasilkan tegangan tinggi. Biasanya, flyback dilengkapi dengan lilitan dan sebuah batang ferit yang dikenal sebagai transformator.

Flyback JF0501-32601 seringkali digunakan dan dapat ditemukan dengan mudah pada televisi merek Sharp, khususnya untuk ukuran 21 inchi. Tak hanya itu, flyback ini juga dipakai pada TV Sharp Slim. Adapun beberapa persamaan data pin FBT JF 0501 32601 yang bisa menjadi pilihan, yaitu:

  • BSC25-0232A.
  • FA071WJ-A.
  • BSC21-2647S.

Flyback TV ini dapat dipasang dan digunakan pada TV Sharp dengan model SHARP Piccolo, Expression, Alexander dan lainnya. Sementara untuk data pin out yang sama adalah COL_B+12V_GND_24V_12V_AFC/-12V_185V_GND_H_ABL.

Fungsi utama flyback, ialah membangkitkan tegangan tinggi sebesar 2kV untuk keperluan tabung CRT. Flyback juga berperan dalam membangkitkan tegangan dengan skala ampere kecil untuk kebutuhan rangkaian yang memerlukan daya ampere skala kecil.

Cara kerja flyback, yaitu dengan menyalurkan pada deflection yoke di mana bertujuan untuk membelokkan elektron pada tabung gambar TV, baik secara horizontal maupun horizontal. Kemudian, flyback akan menghasilkan tegangan sedang atau rendah yang berguna untuk blok vertikal output, heater, serta Automatic Brightness Limited.

Artikel Lainnya :

Langkah Mengganti Flyback yang Bisa Diikuti

Langkah Mengganti Flyback
Langkah Mengganti Flyback

Saat flyback mengalami kerusakan, televisi umumnya akan mati total. Ciri umum kerusakan pada flyback, di antaranya lilitan flyback putus atau short, tegangan tinggi ke anoda tidak muncul, terdapat percikan api listrik, tegangan heater atau screen tidak ada, serta inti ferit pecah atau patah.

Sementara untuk gejala kerusakan pada flyback, terdapat beberapa hal yang umum terlihat, seperti power supply mengeluarkan bunyi, resistor pada bagian ABL terbakar, hingga muncul semburan api berwarna biru. Untuk menggantinya, terdapat langkah mudah yang bisa diikuti, yaitu:

1. Gunakan Peralatan yang Tepat

Dalam mengganti flyback, pastikan agar memakai peralatan yang tepat. Gunakan tang lancip untuk membuka kop flyback dan masukkan secara perlahan obeng minus yang sudah dicapit ke bagian dalamnya.

Jika masih terdapat muatan listrik, biasanya akan terdengar suara letupan kecil. Namun, tak perlu khawatir sebab hanya tegangan sisa sehingga tidak berbahaya selama dihubungkan ke grounding yang ada di televisi.

2. Pastikan Power Aliran Listrik Utama Sudah Terputus

Selanjutnya, pastikan power dari aliran listrik utama sudah diputus dan cek untuk seluruh koneksi yang terhubung dengan flyback harus dilepas. Mulai dari kop anoda ke tabung, kabel fokus, video, dan screen.

Pakailah solder yang panas ketika mencairkan timah pada pin flyback. Pasalnya, timah cukup tebal sehingga proses ini membutuhkan kesabaran. Jika sulit, maka bisa dipancing menggunakan timah solder baru atau pakai penyedot timah untuk mempermudah.

3. Ganti Flyback yang Rusak

Setelah semua pin sudah disedot timahnya, kemudian pisahkan trafo flyback dari mesin televisi. Saat memisahkannya harus berhati-hati dan jangan dipaksa bila terlalu sulit. Selain itu, perhatikan pula jika terdapat sisa timah yang mungkin masih menempel ke kaki flyback.

Ketahui :

Dengan mengetahui persamaan FBT JF 32601, penggantian komponennya pun akan semakin mudah dan tanpa kendala. Namun, ketika mengalami kesulitan, maka bisa meminta bantuan dari teknisi profesional.

Leave a Comment